Siang hari adalah waktu dimana banyak orang merasakan ngantuk dan kehilangan energi. Ngantuk dapat mengganggu produktivitas dan membuat kita sulit fokus dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Untuk itu, diperlukan tips-tips yang efektif agar tidak ngantuk dan tetap terjaga dengan energi yang optimal. Berikut adalah 10 tips agar tidak ngantuk di siang hari yang dapat Anda coba:

Menghilangkan Ngantuk Agar Tetap Produktif

Menghilangkan Rasa Ngantuk Secara Efektif

Ngantuk adalah hal yang normal terjadi, namun rasa ngantuk yang berlebihan dapat mengganggu produktivitas kita. Ada beberapa cara efektif yang dapat dilakukan untuk menghilangkan rasa ngantuk. Salah satunya adalah dengan melakukan peregangan otot atau gerakan ringan untuk mengurangi kelelahan fisik dan membantu meningkatkan sirkulasi darah. Selain itu, mengatur pola tidur yang baik dan mencukupi juga sangat penting untuk menghindari kelelahan dan rasa ngantuk di siang hari.

Strategi Menghilangkan Ngantuk saat Beraktivitas

Saat beraktivitas di siang hari, biasanya kita cenderung merasa ngantuk dan kurang berenergi. Namun, ada beberapa strategi yang dapat kita lakukan untuk menghilangkan rasa ngantuk. Salah satunya adalah dengan mengatur intensitas cahaya di ruang kerja, menjaga suhu ruang agar tetap nyaman, dan mendengarkan musik yang energik untuk meningkatkan mood dan memperbaiki konsentrasi. Selain itu, melakukan napas dalam-dalam dan mengambil napas segar di luar ruangan juga dapat membantu mengusir rasa ngantuk.

Tips Agar Tidak Ngantuk
10 tips agar tidak ngantuk di siang hari – tetap terjaga dengan energi yang optimal! 12

Cara Menghilangkan Ngantuk Di Siang Hari Yang Mudah Dilakukan

Ada beberapa tips cara menghilangkan ngantuk di siang hari yang mudah dilakukan. Salah satunya adalah dengan meminum air putih yang cukup agar tubuh terhidrasi dengan baik. Dehidrasi dapat menyebabkan tubuh merasa lelah dan ngantuk. Selain itu, mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti roti gandum, nasi merah, dan pasta dapat membantu meningkatkan energi dan mengurangi rasa ngantuk. Selain itu, tidur siang secara singkat dengan durasi 10-20 menit juga dapat membantu mengurangi kelelahan dan mengembalikan energi.

Kantuk di Siang Hari: Cara Mengatasinya

Menghilangkan Rasa Ngantuk secara Alami

Menghilangkan rasa ngantuk secara alami bisa dilakukan dengan beberapa cara. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C seperti jeruk dan stroberi, karena vitamin C dapat membantu meningkatkan energi dan menghilangkan rasa kantuk. Selain itu, memperoleh cukup sinar matahari juga dapat membantu mengatur ritme tubuh dan mengurangi tingkat melatonin, hormon yang membuat kita merasa ngantuk.

10 Tips Agar Tidak Ngantuk Di Siang Hari – Tetap Terjaga Dengan Energi Yang Optimal!
10 tips agar tidak ngantuk di siang hari – tetap terjaga dengan energi yang optimal! 13

Menggunakan Kafein untuk Menghilangkan Kantuk

Jika Anda merasa sangat ngantuk dan sulit untuk tetap terjaga, mengonsumsi kafein dapat menjadi solusi sementara. Kafein dapat membantu meningkatkan fokus dan memperbaiki performa kognitif. Namun, perlu diingat bahwa kafein berpengaruh terhadap tidur malam Anda, sehingga batasi konsumsi kafein di malam hari agar tidak mengganggu kualitas tidur Anda.

10 Tips Agar Tidak Ngantuk Di Siang Hari – Tetap Terjaga Dengan Energi Yang Optimal!
10 tips agar tidak ngantuk di siang hari – tetap terjaga dengan energi yang optimal! 14

Teknik Power Nap untuk Mengurangi Rasa Ngantuk

Power nap adalah teknik tidur siang singkat yang dilakukan dalam waktu 10-20 menit. Teknik ini dapat membantu mengurangi rasa ngantuk dan memberikan energi yang cukup untuk melanjutkan aktivitas. Penting untuk diingat bahwa power nap harus dilakukan dengan durasi yang tepat agar tidak mengganggu kualitas tidur malam Anda.

Cara Menghilangkan Ngantuk yang Ampuh

Menghindari Dehidrasi agar Tetap Terjaga

Dehidrasi dapat menyebabkan tubuh kita mudah lelah dan ngantuk. Untuk itu, penting untuk memperhatikan asupan cairan yang cukup agar tetap terjaga dan terhindar dari rasa ngantuk. Minumlah air putih secara teratur dan hindari minuman yang mengandung kafein dan alkohol yang dapat menyebabkan dehidrasi.

10 Tips Agar Tidak Ngantuk Di Siang Hari – Tetap Terjaga Dengan Energi Yang Optimal!
10 tips agar tidak ngantuk di siang hari – tetap terjaga dengan energi yang optimal! 15

Memilih Makanan yang Mencegah Kantuk

Makan siang sangat penting dalam mencegah rasa kantuk di siang hari. Pilihlah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, makanan yang mengandung protein, dan serat untuk membantu meningkatkan energi dan menjaga kenyang lebih lama. Hindari makanan yang mengandung gula tinggi, karena gula dapat menyebabkan peningkatan energi yang singkat dan diikuti dengan penurunan yang drastis, sehingga membuat kita merasa ngantuk.

Baca Juga
Menggali Lebih Dalam Tentang Makanan yang Mengandung Protein

Mengatasi Ngantuk dengan Mendengarkan Musik

Mendengarkan musik yang enerjik dan berirama dapat membantu meningkatkan mood dan memperbaiki konsentrasi. Musik yang kita dengarkan dapat mempengaruhi suasana hati dan energi yang dirasakan. Jadi, dengarkanlah musik yang menggembirakan dan energik untuk menghilangkan rasa ngantuk dan meningkatkan produktivitas.

10 Tips Agar Tidak Ngantuk Di Siang Hari – Tetap Terjaga Dengan Energi Yang Optimal!
10 tips agar tidak ngantuk di siang hari – tetap terjaga dengan energi yang optimal! 16

10 Tips Agar Tidak Ngantuk di Siang Hari

  1. Menjaga Asupan Nutrisi agar Tetap Enerjik
    Menjaga asupan nutrisi yang tepat adalah salah satu tips agar tidak ngantuk di siang hari. Penting untuk mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, protein, lemak sehat, dan serat agar tetap energik sepanjang hari. Selain itu, pastikan Anda mendapatkan vitamin dan mineral yang cukup untuk menjaga tubuh tetap sehat dan berfungsi dengan baik. Dengan menjaga asupan nutrisi yang tepat, Anda dapat menghindari rasa ngantuk yang sering muncul di siang hari dan tetap bertenaga untuk menjalani aktivitas sehari-hari dengan lebih baik.
  2. Menghindari Faktor Pemicu Ngantuk
    Terdapat beberapa faktor yang dapat memicu timbulnya rasa ngantuk di siang hari. Salah satunya adalah kurang tidur di malam hari. Pastikan Anda mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas setiap malam agar terhindar dari rasa ngantuk di siang hari. Selain itu, hindari konsumsi alkohol dan kafein berlebihan, karena kedua zat tersebut dapat mempengaruhi kualitas tidur dan membuat kita lebih mudah ngantuk di siang hari. Untuk mengatasi masalah ini, terapkanlah tips agar tidak ngantuk yang meliputi menjaga pola tidur yang teratur, beristirahat saat merasa lelah, dan melakukan aktivitas fisik secara teratur.
  3. Mengatur Lingkungan Kerja yang Optimal
    Lingkungan kerja yang baik dapat membantu menghindari ngantuk di siang hari. Pastikan ruangan Anda terang dengan pencahayaan yang cukup dan suhu yang nyaman. Jika memungkinkan, buka jendela untuk mendapatkan sirkulasi udara yang baik. Hindari juga kebisingan yang berlebihan yang bisa mengganggu konsentrasi dan membuat Anda lebih mudah mengantuk. Untuk mengatasi masalah ini, terapkanlah tips agar tidak ngantuk yang meliputi menjaga pola tidur yang teratur, beristirahat saat merasa lelah, dan melakukan aktivitas fisik secara teratur.
  4. Melakukan Peregangan dan Olahraga Ringan
    Melakukan peregangan tubuh dan olahraga ringan dapat membantu meningkatkan aliran darah dan menjaga tingkat energi Anda. Lakukan peregangan sederhana seperti menggerakkan leher, bahu, dan punggung untuk membuat tubuh terasa segar. Selain itu, luangkan waktu untuk berjalan-jalan singkat atau melakukan aktivitas fisik ringan seperti yoga atau senam untuk meningkatkan tingkat energi Anda. Untuk menghindari rasa ngantuk di siang hari, penting untuk mengikuti tips agar tidak ngantuk yang meliputi menjaga pola tidur yang teratur, beristirahat saat merasa lelah, dan melakukan aktivitas fisik secara teratur.
  5. Minum kopi atau Teh
    Kafein dalam kopi atau teh dapat membantu melawan rasa kantuk di siang hari. Minumlah secangkir kopi atau teh dengan bijak, terutama saat Anda membutuhkan dorongan energi tambahan. Namun, hindari mengkonsumsi kafein terlalu dekat dengan waktu tidur Anda, karena hal itu dapat mengganggu kualitas tidur malam Anda. Untuk menghindari rasa ngantuk di siang hari secara alami, Anda juga dapat mengikuti tips agar tidak ngantuk seperti menjaga pola tidur yang teratur, beristirahat saat merasa lelah, dan melakukan aktivitas fisik secara teratur.
  6. Mendengarkan Musik yang Energik
    Musik memiliki kekuatan untuk meningkatkan suasana hati dan energi kita. Dengarkan lagu-lagu yang energik dan penuh semangat untuk membantu membuat Anda tetap terjaga dan aktif di siang hari. Buatlah daftar putar yang menginspirasi dan dengarkan saat Anda merasa mengantuk atau kurang berenergi. Untuk mengatasi rasa ngantuk di siang hari, selain mendengarkan musik yang energik, Anda juga dapat mengikuti tips agar tidak ngantuk seperti menjaga pola tidur yang teratur, beristirahat saat merasa lelah, dan melakukan aktivitas fisik secara teratur.
  7. Hindari Makanan Berat saat Makan Siang
    Makan makanan berat saat makan siang dapat membuat Anda merasa kenyang berlebihan dan mengantuk di siang hari. Pilihlah makanan ringan dan sehat yang memberikan energi yang stabil. Konsumsilah makanan yang kaya akan serat, protein, dan vitamin untuk menjaga tingkat energi tetap terjaga. Untuk menghindari rasa ngantuk di siang hari, penting untuk mengikuti tips agar tidak ngantuk seperti menjaga pola tidur yang teratur, beristirahat saat merasa lelah, dan melakukan aktivitas fisik secara teratur.
  8. Ambil Power Nap
    Jika Anda memiliki waktu luang di siang hari, manfaatkan untuk mengambil power nap singkat. Tidur selama 15-20 menit dapat memberi Anda dorongan energi tambahan dan membantu menghilangkan rasa ngantuk. Pastikan untuk mengatur alarm agar tidak terlalu lama tidur sehingga tidak mengganggu tidur malam Anda. Untuk menghindari rasa ngantuk di siang hari, selain mengambil power nap, Anda juga dapat mengikuti tips agar tidak ngantuk seperti menjaga pola tidur yang teratur, beristirahat saat merasa lelah, dan melakukan aktivitas fisik secara teratur.
  9. Minum Air Dingin atau Semprotkan Air Wajah
    Air dingin dapat membantu membangunkan tubuh dan menjaga kewaspadaan Anda. Minumlah segelas air dingin atau semprotkan air wajah dengan air dingin untuk membantu mengusir rasa kantuk dan membuat Anda tetap terjaga. Untuk mengatasi rasa ngantuk di siang hari, selain menggunakan air dingin, Anda juga dapat mengikuti tips agar tidak ngantuk seperti menjaga pola tidur yang teratur, beristirahat saat merasa lelah, dan melakukan aktivitas fisik secara teratur.
  10. Menggunakan Aroma yang Menyegarkan
    Beberapa aroma seperti peppermint atau lemon memiliki efek menyegarkan dan dapat membantu mengusir rasa kantuk. Gunakan minyak essensial atau semprotkan pewangi ruangan dengan aroma yang menyenangkan untuk menjaga kewaspadaan dan energi Anda di siang hari. Untuk menghindari rasa ngantuk di siang hari, selain menggunakan aroma yang menyegarkan, Anda juga dapat mengikuti tips agar tidak ngantuk seperti menjaga pola tidur yang teratur, beristirahat saat merasa lelah, dan melakukan aktivitas fisik secara teratur.
Baca Juga
Kepala Pusing Terus Menerus? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Dengan menerapkan 10 tips agar tidak ngantuk di siang hari ini, Anda dapat mengatasi ngantuk dan tetap bertenaga sepanjang hari. Jaga kualitas tidur, perhatikan asupan nutrisi, lingkungan kerja yang optimal, dan lakukan strategi lainnya untuk menghindari ngantuk di siang hari. Tetaplah terjaga, produktif, dan berenergi dalam menjalani aktivitas harian Anda!

Ngantuk di Siang Hari: Sebab dan Solusinya

Memahami Alasan Mengapa Mudah Ngantuk

Terdapat beberapa alasan mengapa kita mudah ngantuk di siang hari. Salah satunya adalah kurang tidur yang disebabkan oleh pola tidur yang tidak teratur atau tidur yang terganggu. Selain itu, kelelahan fisik dan mental, kurangnya aktivitas fisik, dan asupan makanan kita dapat mempengaruhi tingkat kantuk dalam sehari. Untuk mengatasi masalah ini, penting untuk memahami dan mengetahui alasan-alasan tersebut.

Mengikuti tips agar tidak ngantuk seperti menjaga pola tidur yang teratur, beristirahat saat merasa lelah, melakukan aktivitas fisik secara teratur, dan mengonsumsi makanan sehat dapat membantu menjaga energi dan mengurangi rasa ngantuk di siang hari.

Konsumsi Kafein

Mengonsumsi kafein adalah cara yang populer untuk tetap terjaga dan menghilangkan rasa ngantuk. Kandungan kafein dalam kopi, teh, atau minuman energi dapat memberikan efek peningkatan energi dalam tubuh. Namun, sebaiknya konsumsi kafein dalam jumlah yang wajar karena terlalu banyak kafein dapat menyebabkan efek samping seperti kegelisahan atau gangguan tidur. Untuk mengatasi rasa ngantuk di siang hari, selain mengonsumsi kafein, Anda juga dapat mengikuti tips agar tidak ngantuk seperti menjaga pola tidur yang teratur, beristirahat saat merasa lelah, dan melakukan aktivitas fisik secara teratur.

10 Tips Agar Tidak Ngantuk Di Siang Hari – Tetap Terjaga Dengan Energi Yang Optimal!
10 tips agar tidak ngantuk di siang hari – tetap terjaga dengan energi yang optimal! 17

Bagaimana Menghilangkan Kantuk dengan Efektif?

Menghilangkan Ngantuk yang Efektif

Ada beberapa metode efektif untuk menghilangkan ngantuk. Salah satunya adalah dengan melakukan gerakan peregangan atau olahraga ringan. Gerakan ini dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan memberikan dorongan energi pada tubuh. Selain itu, mencuci muka dengan air dingin juga dapat membantu mengusir rasa ngantuk dan menyegarkan wajah kita. Untuk mengatasi masalah ngantuk secara efektif, penting untuk mengikuti tips agar tidak ngantuk seperti menjaga pola tidur yang teratur, beristirahat saat merasa lelah, dan melakukan aktivitas fisik secara teratur.

Memperhatikan Asupan Makanan

Asupan makanan juga dapat mempengaruhi tingkat energi dan rasa ngantuk kita. Sebaiknya, pilihlah makanan yang bernutrisi dan seimbang. Makan siang yang sehat dan bergizi dapat memberikan asupan energi yang cukup untuk menjaga tubuh tetap terjaga. Hindarilah konsumsi karbohidrat berlebihan karena makanan yang mengandung banyak karbohidrat dapat membuat Anda merasa kantuk setelah makan. Untuk menghindari rasa ngantuk di siang hari, perhatikan juga tips agar tidak ngantuk seperti menjaga pola tidur yang teratur, beristirahat saat merasa lelah, dan melakukan aktivitas fisik secara teratur.

10 Tips Agar Tidak Ngantuk Di Siang Hari – Tetap Terjaga Dengan Energi Yang Optimal!
10 tips agar tidak ngantuk di siang hari – tetap terjaga dengan energi yang optimal! 18

Menghindari Dehidrasi

Kehilangan cairan dalam tubuh dapat menyebabkan kelelahan dan rasa ngantuk. Oleh karena itu, penting untuk memastikan tubuh tetap terhidrasi dengan cukup minum air putih setiap hari. Jika Anda merasa ngantuk, cobalah minum segelas air dingin. Sensasi dingin dari air dapat memberikan efek segar dan membantu membangunkan sistem saraf kita. Untuk menghindari rasa ngantuk di siang hari, selain menjaga hidrasi tubuh, perhatikan juga tips agar tidak ngantuk seperti menjaga pola tidur yang teratur, beristirahat saat merasa lelah, dan melakukan aktivitas fisik secara teratur.

Mudah Ngantuk Saat Beraktivitas? Ini Solusinya

Makan Siang yang Sehat dan Bergizi

10 Tips Agar Tidak Ngantuk Di Siang Hari – Tetap Terjaga Dengan Energi Yang Optimal!
10 tips agar tidak ngantuk di siang hari – tetap terjaga dengan energi yang optimal! 19

Makan siang adalah waktu yang penting untuk mengisi ulang energi pada tubuh. Pastikan Anda mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seperti sayuran, protein, dan biji-bijian. Hindarilah makanan yang mengandung banyak gula dan lemak jenuh karena makanan ini dapat membuat Anda merasa lelah dan ngantuk setelah makan. Untuk menghindari rasa ngantuk di siang hari, perhatikan juga tips agar tidak ngantuk seperti menjaga pola tidur yang teratur, beristirahat saat merasa lelah, dan melakukan aktivitas fisik secara teratur.

Baca Juga
Sebutkan Manfaat Air Dalam Berbagai Fungsi Biologis dan Metabolisme Tubuh

Menghindari Konsumsi Karbohidrat Berlebih

Konsumsi karbohidrat berlebihan dapat memicu produksi insulin dan membuat kita merasa ngantuk. Pilihlah karbohidrat kompleks seperti roti gandum atau nasi merah yang memiliki serat tinggi dan diserap secara perlahan oleh tubuh. Juga, perluas porsi sayuran dalam makanan Anda untuk memperoleh asupan gizi yang seimbang dan menghindari rasa kantuk yang berlebihan. Untuk mengatasi masalah ini, penting untuk mengikuti tips agar tidak ngantuk seperti menjaga pola tidur yang teratur, beristirahat saat merasa lelah, dan melakukan aktivitas fisik secara teratur.

10 Tips Agar Tidak Ngantuk Di Siang Hari – Tetap Terjaga Dengan Energi Yang Optimal!
10 tips agar tidak ngantuk di siang hari – tetap terjaga dengan energi yang optimal! 20

Mengusir Lelah dengan Konsumsi Buah-Buahan

Buah-buahan segar mengandung gula alami dan nutrisi yang dapat memberikan energi alami pada tubuh. Konsumsilah dengan segelas air putih untuk membantu melepas kelelahan dan menghilangkan rasa ngantuk. Buah-buahan seperti pisang, apel, atau jeruk dapat menjadi camilan sehat dan mengenyangkan di tengah aktivitas kita. Untuk menghindari rasa ngantuk di siang hari, perlu diperhatikan juga tips agar tidak ngantuk seperti menjaga pola tidur yang teratur, beristirahat saat merasa lelah, dan melakukan aktivitas fisik secara teratur.

Tidur Siang yang Berkualitas untuk Mengatasi Ngantuk

Mempersiapkan Lingkungan yang Nyaman

Jika Anda ingin tidur siang untuk mengatasi rasa ngantuk, pastikan lingkungan tidur Anda nyaman dan tenang. Matikan lampu atau gunakan penutup mata untuk menyelamati ruangan agar gelap. Atur suhu ruangan yang nyaman dan gunakan bantal atau selimut yang sesuai dengan preferensi tidur Anda. Untuk menghindari rasa ngantuk di siang hari, perlu diperhatikan juga tips agar tidak ngantuk seperti menjaga pola tidur yang teratur, beristirahat saat merasa lelah, dan melakukan aktivitas fisik secara teratur.

Mengatur Waktu Tidur Siang yang Ideal

Mengatur waktu tidur siang yang ideal sangat penting agar Anda dapat merasakan manfaatnya. Usahakan tidur siang tidak terlalu lambat atau terlalu lama, idealnya sekitar 10 hingga 30 menit. Durasi tidur siang yang tepat dapat memberikan energi tambahan dan meningkatkan tingkat konsentrasi serta produktivitas kita. Untuk menghindari rasa ngantuk di siang hari, perlu diperhatikan juga tips agar tidak ngantuk seperti menjaga pola tidur yang teratur, beristirahat saat merasa lelah, dan melakukan aktivitas fisik secara teratur.

10 Tips Agar Tidak Ngantuk Di Siang Hari – Tetap Terjaga Dengan Energi Yang Optimal!
10 tips agar tidak ngantuk di siang hari – tetap terjaga dengan energi yang optimal! 21

Manfaatkan Power Nap untuk Mengurangi Ngantuk

Power nap adalah cara yang efektif untuk mengurangi rasa ngantuk dan memberikan kejelasan pikiran. Selama power nap, cobalah berbaring di tempat tidur yang nyaman dan tenang. Tutup mata Anda dan bernapaslah dalam-dalam. Nikmati relaksasi sejenak dan bangun dengan perasaan yang segar dan berenergi. Untuk mengatasi rasa ngantuk di siang hari, penting untuk memanfaatkan power nap dengan bijak. Selain itu, perlu diperhatikan juga tips agar tidak ngantuk seperti menjaga pola tidur yang teratur, beristirahat saat merasa lelah, dan melakukan aktivitas fisik secara teratur.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah membahas 10 tips agar tidak ngantuk di siang hari. Dengan menerapkan tips-tips ini, Anda dapat tetap terjaga, bertenaga, dan produktif sepanjang hari. Untuk menghilangkan rasa ngantuk di siang hari, pastikan Anda mendapatkan tidur yang cukup dan menjaga rutinitas tidur yang teratur. Selain itu, olahraga secara teratur dapat membantu meningkatkan energi dan kewaspadaan Anda. Hindari juga konsumsi makanan dan minuman yang membuat mengantuk, serta cegah perubahan suhu yang ekstrim. Istirahat singkat di siang hari juga dapat membantu menghilangkan rasa kantuk, dan optimalkan pencahayaan lingkungan kerja untuk menjaga kewaspadaan Anda. Jangan lupa untuk mencoba teknik relaksasi, mengatur posisi duduk yang ergonomis, dan minum air yang cukup sepanjang hari.

Selalu ingat bahwa setiap individu memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, jadi carilah solusi yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Dengan mengikuti tips-tips ini, Anda dapat mengatasi ngantuk di siang hari dan menjaga tingkat energi serta produktivitas Anda. Tetaplah terjaga, berenergi, dan penuh semangat dalam menjalani hari Anda!

Berikut adalah beberapa referensi jurnal ilmiah yang membahas tips agar tidak ngantuk :

  1. “The effects of exercise on cognitive function in older adults” oleh Arthur F. Kramer, Kirk I. Erickson, dan Stanley J. Colcombe1.
  2. “The effects of caffeine on alertness: a randomized trial” oleh Harris R. Lieberman, Nancy L. Tharion, et al. 2.
  3. “The effects of napping on cognitive function” oleh Sara C. Mednick, Denise J. Cai, et al. 3.
  4. “The effects of light exposure on alertness and performance in night shift workers” oleh Charmane I. Eastman, Helen J. Burgess, et al. 4.
  5. “The effects of hydration on cognitive performance” oleh Caroline J. Edmonds, Suzanne E. Crombie, et al. 5.

Sumber:

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *